Argo munung, wisata baru di Ngawi

Argo munung, wisata baru yang dulunya adalah sebuah bekas galian yang disulap menjadi tempat wisata.

Wisata yang satu ini mungkin bisa menjadi tujuan teman teman detikers jika berkunjung ke kabupaten Ngawi, selain wisata yang sudah terkenal seperti Srambang park dan Benteng Van den bosch. Namanya Argo munung. Lokasinya berada di desa Karang gupito, kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, berjarak sekitar 35 km dari pusat kota. Mungkin masih terdengar asing di telinga teman teman detikers, karena memang tempat wisata ini tergolong masih baru. 

Tidak usah khawatir temen temen detikers, Wisata Argo munung sendiri sudah dibuka untuk umum di masa New normal ini.  Tetapi pengunjung tetap harus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan. Untuk tiket masuknya sendiri sangatlah murah, cukup membayar parkir Rp 3000 per kendaraan sepeda motor, teman teman bisa langsungmenikmati  suasana Argo munung. Tidak usah khawatir dengan tempat parkir, karena tempat parkir di Argo munung ini cukup luas, bisa menampung puluhan mobil dan sepeda motor. Lokasi Argo munung sendiri berada di kaki gunung Lawu, membuat siapa saja yang berkunjung kesini menjadi betah berlama lama. 

Keistimewaan dari Argo munung adalah terdapat sebuah kolam renang yang langsug menghadap ke alam. Teman teman detikers bisa berenang dengan air yang tentunya asli pegunungan dan menikmati nuansa alam yang masih asri di Argo munung ini. Selain kolam renang, di Argo munung juga terdapat taman bermain. Seperti ayunan, jungkat jungkit dan prosotan. Terdapat juga beberpa gazebo dan sebuah pendopo. Tak salah memang jika wisata Argo munung ini cocok sekali untuk wisata keluarga. Fasilitasnya pun juga terbilang lengkap, mulai dari warung makan hingga toilet. Dengan pemandangan alam gunung Lawu yaang gagah.

Tidak hanya itu, di Argo munung  juga terdapat bukit bukit kecil yang berada di antara kolam renang, cocok banget buat kalian yang senang berswafoto, melihat gagahnya gunung lawu dari perspektif yang berbeda. Tak usah khawatir takut kelelahan saat mendaki bukit, selain pijakan yang sudah aman dengan pagar pembatas, bukitnya juga gak terlalu tinggi. Ada 3 spot foto di atas bukit ini, jadi teman teman detikers gak perlu khawatir ngantri dalam ber swafoto. Selain di dekat kolam renang, terdapat juga bukit yang berada di samping pendopo. Pemandanganya juga gak kalah keren dengan yang di dekat kolam renang. 

  Dikelola dan dikembangkan secara langsung oleh pihak Pokdarwis (kelompok sadar wisata) desa setempat, desa Karang gupito. Argo munung memang sudah diresmikan bupati Ngawi, mbah kung Kanang sapaan akrab Bpk Ir Budi sulistyono sejak Desember 2017 yang lalu. Tetapi baru mulai populer di akhir akhir bulan ini. Yang semula bekas tempat penambangan batu, kini di sulap oleh Pokdarwis desa Karang gupito menjadi tempat wisata. Tidak menutup kemungkinan, wisata Argo munung ini bakal menjadi wisata tujuan favorit di kabupaten Ngawi, selain Srambang park dan Benteng Van den bosch yang sudah terkenal lebih dulu. Mengingat kondisi serta akses menuju tempat ini juga terbilang trategis dan nyaman. 

 Ingin rapat atau sekedar arisan keluarga di tempat yang gak biasa? Di Argo munung pun juga menyediakan fasilitasnya. Gak cuma itu, seperti wisata alam pada umumnya, di Argo munung juga terdapat area camping yang luas. Argo munung sendiri dibuka 24 jam. Jadi selain dapat menikmati indahnya alam gunung Lawu pada waktu siang hari, teman teman detikers juga dapat menikmati suasananya di malam hari. Yang tentunya sangat berbeda disaat waktu siang. 

Tidak cuna itu, di desa Karang gupito sendiri merupakan sentra durian di kabupaten Ngawi. Hampir setiap rumah di desa Karang gupito memiliki pohon durian. Jika musim durian tiba, banyak penjual durian asli Karang gupito menjajakan durian di sepanjang jalan Kendal - Panekan. Kalian jika berkunjung ke Argo munung atau sekedar lewat, kurang pas rasanya jika tidak mencoba durian Karang gupito ini. Durian desa Karang gupito sendiri memiliki rasa yang berbeda dengan durian dari daerah lain. Manis legit menjadi ciri khasnya. Besar harapan, kedepanya akan menjadi wisata yang berkelanjutan  di kabupaten Ngawi dan di desa Karang gupito pada khususnya. 

Author
Penulis

prasetiabayu

Mungkin yang Anda suka
Jadilah orang pertama yang menuliskan komentar! Tulis komentar

Tinggalkan komentar

**) Dengan mengirim komentar ini artinya Anda setuju dan patuh dengan syarat dan ketentuan kami.